Organisasi Indo Jalito Percayakan Pinto Janir Ciptakan Lagu Mars

Iklan Semua Halaman


Header Menu

Organisasi Indo Jalito Percayakan Pinto Janir Ciptakan Lagu Mars

Redaksi
Sabtu, 05 September 2020


(Indo Jalito Rencanakan Penerbitan ‘Buku Putih’ )


Indo Jalito organisasi kaum bundo yang berpusat di Jakarta memercayai musisi, penyair  dan sastrawan Pinto Janir untuk menciptakan lagu marsnya. 


“ Kami memercayai Pinto untuk menciptakan lagu Mars karena kami percaya bahwa spirit seorang Pinto Janir akan menjadi ‘ruh’ yang hidup dalam susunan aksara berlirik kuat. Ia penyair. Ia musisi. Ia sastrawan. Kami rasa itu yang menjadi alasan mengapa harus Pinto yang menciptakan lagu ini? Puisi Pinto yang kuat yang membuat kami tertarik memilih Pinto untuk menciptakan lagu mars yang merupakan ikon atau citra dari sebuah organisasi”, ujar Ketua Umum Indo Jalito Ettie S Yuswill di dampingi bendahara umum, Novianti yang lebih dikenal dengan nama Evie Sjahruddin, baru-baru ini. 


Kata Ettie, lagu ini akan menjadi lagu “wajib” di tiap kegiatan sosial yang dislenggarakan Indo Jalito. 



Lagu ini telah digarap Pinto Janir selama beberapa hari dan selesai proses rekaman pada Senin 1 September 2020.  Pinto memercayai aransemen musik kepada musisi muda Minangkabau, Dedi Kencana. Musik diramu di Datz studio Padang. 


Lagu Mars Indo Jalito ini akan diluncurkan Sabtu 5 September 2020 di Jakarta  bertepatan dengan pelantikan pengurus baru Indo Jalito periode 2020-2024 yang direncanakan dilantik  Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.


Pinto merasa tersanjung menciptakan lagu mars untuk organisasi Indo Jalito. “ Saya salut kepada ibu-ibu asal ranah Minang yang merantau di Jakarta dan sekitarnya yang tergabung di organisasi Indo Jalito. Saya sering mendengar, menyimak dan membaca beberapa gerakan sosial, seni  dan kebudayaan yang dilaksanakan oleh Indo Jalito. Mereka sangat perhatian terhadap kampung halaman. Sering menyalurkan bantuan sosial ke ranah ini. Sering mengadakan aktivitas sosial yang sifatnya memberi kecerdasan dan semnagat kebersamaan kepada anak nagari. Indo Jalito, organisasi ibu-ibu hebat yang memiliki rasa cinta kampung halaman yang tinggi. Salam hormat saya buat ibu-ibu di Indo Jalito”, kata Pinto. 


Lirik Lagu Indo Jalito 


 MARS INDOJOLITO

Cipt: Pinto Janir 



Minangkabau ranah dicinto

Tasabuik namo Indojolito 

Permaisuri  babudi bahaso

Minangkabau ranah bundo


Indo Jalito rumah gadang basamo

Tampek  kito saiyo sakato 

Saciok bak ayam sadanciang bak basi

Ranah Minang nan slalu di hati


Mari sinsiangkan langan 

Acuangkan tangan

Untuak kampuang halaman

Paliharo tradisi

Jago ugamo

Lestari kampuang tacinto


Satinggi tinggi tabangnyo bangau

Pulangnyo ka kubangan juo

Sajauh jauh pai marantau

Kampuang halaman 

Indak dilupo


Tuah Indojalito satarang palito

Sasakik sasanang basamo samo


Ayo indojalito

Jambatan ranah rantau

Bangun Minangkabau tacinto....


link youtube Mars Indi Jalito https://www.youtube.com/watch?v=Pqw5gdX57jY


INDO JALITO BERENCANA 

TERBITKAN “ BUKU PUTIH”


Ettie dan Evie mengabari, Indo Jalito berencana akan menerbitkan “ Buku Putih Indo Jalito”. Buku itu berisi riwayat perjalanan organisasi dan segala aktivitas sosial dan program bhakti  yang telah dilaksanakan Indo Jalito sejak dulu hingga kini. Buku itu juga memuat “biografi mini” para pendiri dan personil Indo Jalito. 


“ Kami berencana memercayai Pinto Janir untuk menulis buku ini. Beberapa kali, kami sudah membicarakan ini dengan Pinto. Pada prinsipnya, kami setuju. Tinggal  membicarakan hal-hal teknis. Ya, mudah-mudahan penerbitan buku ini terlaksana segera ”, kata Evie.