DR AGUS TAHER ANGKAT TOPI PADA LAGU CIPTAAN PINTO JANIR BERJUDUL “ANGKAT VIRUS INI”

Iklan Semua Halaman


Header Menu

DR AGUS TAHER ANGKAT TOPI PADA LAGU CIPTAAN PINTO JANIR BERJUDUL “ANGKAT VIRUS INI”

Redaksi
Rabu, 13 Mei 2020


Pinto Janir seniman multi talenta  asal Sumatera Barat itu seakan tak henti-henti berkarya. Karangannya menghiasi pekarangan di taman prosa kita. Puisinya ikut memberi warna pada dunia sajak Indonesia. Lagu-lagu ciptaannya , banyak sudah. Salah satu lagunya “Abih Untuang di Wamena”  yang ia karang bersama DR Gamawan Fauzi  sempat viral beberapa bulan silam. Pinto Janir  memang dikenal sebagai seorang penyair, wartawan,  sastrawan dan pengarang lagu.


Pada momentum virus Corona menggasak bumi, Pinto mencatatkan ‘riwayat’ ini pada  bilik karya pikirannya. Ia menulis cerita pendek (cerpen) esai  bertajuk corona dengan judul “Calon Gubernur Salah”.  Cerpennya ini akan segera dibukukan  dalam kumpulan cerpen esai dari beberapa cerpenis di Indonesia.
Puisinya  tentang Corona berjudul Lelaki Menyesal juga  akan dibukukan dalam kumpulan puisi esai dari beberapa penyair di tanah air tercinta ini.



Ia lengkapi ruang berkaryanya itu dengan menciptakan lagu bertajuk “corona” dengan judul “Angkat Virus ini”.


Lagu ini ia ciptakan pada hari Senin 11 Mei 2020 malam di Bukittinggi. Lagu itu selesai proses rekaman Rabu 13 Mei 2020 pagi di DATZ Record Padang. Penggarapan music ia percayakan kepada Dedi Kencana musisi muda Sumbar yang memberi warna pada lagu pop Minang. Penyanyi di lagu ini, Pinto percayakan kepada penyanyi Minang, Wienna.


Lagu “Angkat Virus Ini” apakah lagu berbahasa Minang? Ternyata tidak. Ia lagu Pop Indonesia. Apakah lagu ini berlirik himbauan ‘ tetap di rumah’ atau ‘tetap jaga jarak’ ?Ternyata tidak.

Lalu bagaimana?


Sebaiknya didengar saja apa dan bagaimana komentar DR Agus Taher tentang lagu seorang Pinto. 


Sebelumnya, siapa DR Agus Taher?


Agus Taher adalah ilmuwan di bidang pertanian. Tapi kok mengomentari sebuah lagu?


Selain seorang ilmuwan, Agus taher adalah seniman music dan sastra. Dari ratusan lagu yang ia karang, hampir seluruh lagunya itu familiar di telinga penikmat musik lagu Minang. Di tangannya melambung beberapa nama penyanyi Minang. Seperti Zalmon, Anroys, Dessy Syantia dan sejumlah nama penyanyi top lain di Minangkabau. Lagunya yang paling terkenal, Kasiak Tujuah Muaro yang dinyanyikan Zalmon. Ia juga seorang produser senior di Sumbar di bawah bendera Pitunang Record yang ia dirikan.


Agus Taher juga penulis buku. Buku-buku ilmiahnya banyak (bisa dicari di google) . Kini, Agus Taher sedang menyiapkan penerbitan novelnya yang berjudul Pendekar sakti Bukit Sam Bong.


Sekarang seniman yang ilmuwan, ilmuwan yang musisi, dan novelis yang ilmuwan ini bicara tentang lagu Pinto Janir berjudul “ Angkat Virus Ini”.

 
Agus Taher menuliskan tanggapannya yang ia kirim melalui alamat email Pinto Janir.


Inilah isi tanggapan Agus Taher :


ANGKAT VIRUS INI


Pinto Janir baru saja mengirim lagu barunya,berjudul “Angkat Virus Ini” ke WA saya. Sekalian ada tulisan pendek: “Baa manuruik Uda” ( bagaimana pendapat uda). Setelah mendengar lagu yang satu ini, saya terperangah. Saya ingin menyampaikan salam salut dan terpaksa harus angkat topi dengan kegigihan wartawan multi talenta ini.


Amat banyak kelebihan penggarapan lagu baru Pinto ini. Dari sisi tema ada yang unik. Judulnya tentang virus, terkait dengan bencana Corona yang membuat rakyat dan negara pusing, akan tetapi kata- kata virus sangat minim, malah tak ada kata Corona dalam lirik lagu Pinto. 


Bagi saya, judul “Angkat Virus Ini” hanya sekadar bungkus dari
sebuah bingkisan. Di dalamnya berisi setumpuk persoalan kemanusiaan, yang menjadi sebab Allah murka dan menurunkan musibah sebagai peringatan. Kejahatan sosial, ekonomi dan politik, genosida, saling jegal, apalagi pelecehan dan penzoliman agama, serta kemaksiatan merupakan prasyarat murka Allah.


Itu sebabnya, beberapa lirik lagu menyebut: Ampunkan, ampunkan, ampunkan Tuhan / Wahai manusia diatas dunia/ hentikan perang, hentikan pertikaian, hentikan permusuhan.


Jadi, pesan lagu ini: gunakanlah kekuatan doa sebagai kekuatan perlawanan pada bencana, akan tetapi jadikan pula perubahan perilaku yang dibenci Allah sebagai solusi awal.


Dan, dari segi irama lagu, bagi saya lagu Angkat Virus Ini, merupakan karya Pinto yang tampil beda dari yang sebelumnya, apalagi penyanyinya sangat pas dengan
karakter lagu ini. Sang penyanyi, sepertinya bisa sukses apabila mendapat lagu seperti Angkat Virus ini. Saya pun menyampaikan salam salut ke aranjernya. Keren, terutama musiknya bagus di interlude. 


Lagu ini menyejukkan. Berkarakter. Enak didengar. Lagu ini seperti ‘doa’ dalam simpuh seorang Pinto pada-Nya!


Demikian pendapat seorang maestro musik Minang DR Agus Taher pada lagu “Angkat Virus ini!”.

(red)