Warga Kompak Pak RT Hebat, RT 03 Kreatif Di Air Tawar

Iklan Semua Halaman


Header Menu

Warga Kompak Pak RT Hebat, RT 03 Kreatif Di Air Tawar

Redaksi
Sabtu, 07 Desember 2019

Dia muda. Dia seorang pengacara. Dan dia sekaligus inspirasi bagi warga, terutama warga Parkit Airtawar RT 03 RW VIII Keluarahan Airtawar Barat Padang.

Siapa dia?

Febrianto Akbar Perkasa SH. Panggilan akrabnya Yanto.

Jabatannya bukan anggota dewan. Bukan walikota.Bukan walinagari. Bukan camat. Bukan Pak RW. Tapi ia seorang Ketua RT 03 RW VIII Kelurahan Airtawar Barat Padang.

Kawasan yang ia pimpin memang tak luas-luas amat. Tak jauh dari kampus Universitas Negeri Padang.  Namun, di kawasannya ini banyak berdiri rumah-rumah kost. “ Cita-cita kita adalah menjadikan RT 03 menjadi  RT ramah lingkungan. RT yang nyaman. RT yang indah. Dan RT yang  warganya hidup saling tenggang-rasa serta sadar kebersihan”, ujar Yanto yang ingin bersama-sama dengan warga mewujudkan RT 03 menjadi RT literasi dan RT Wisata.

“ Salah seorang warga dari RT ini kita kenal sebagai seorang senior wartawan, sastrawan dan budayawan. Namanya Bang Pinto Janir. Kami ingin mewujudkan RT ini menjadi RT kreatif. Bila perlu, kami akan mendirikan sanggar “pikiran” di RT ini. Kita akan latih anak-anak muda dan mahasiswa di RT ini untuk cakap menulis dan menjadi insan kreatif. Untuk hal ini, kami sudah bercakap-cakap dengan Bang Pinto. Cita-cita kami adalah mendirikan sanggar seni dan budaya. Saya yakin, anak muda kita itu banyak yang kreatif, hanya saja panggungnya yang terbatas. Kita berkeinginan menciptakan panggung kreasi bagi anak muda di RT 03”, ujar Yanto.

Kawasan RT 03 adalah kawasan yang berdekatan dengan pantai. “ Kita rutin melakukan gotong royong. Saya berpikir, pantai Airtawar adalah pantai yang berpotensi menjadi objek wisata di kota Padang. Kita akan bersihkan pantai itu. Dan kita sulap menjadi pantai yang menarik untuk kunjungan wisata. Kalau orang ramai datang ke RT kami, otomatis banyak peluang ekonomi rakyat kecil yang akan terbuka. Tipa sore, kawasan pantai parkit memang ramai dikunjungi. Betapa indah dan asiknya menikmati pisang goreng, kopi, ngeteh, dan bermain-main di pantai Parkit”, ujar Yanto Pak RT yang penuh semangat ini.

“ Di RT 03 kebersamaan adalah hal yang utama. Kami di sini sesakit sesenang. Saling tenggang rasa. Saya bersama warga lain sedang berpikir untuk menyulap lingkungan menjadi tempat yang kreatif dengan daya tarik tersendiri”, kata Yanto di sela-sela kegiatan gotong royong yang berlangsung Sabtu 7 Desember 2019  pagi.