PINTO JANIR CIPTAKAN LAGU MARS RANG SIKUMBANG

Iklan Semua Halaman


Header Menu

PINTO JANIR CIPTAKAN LAGU MARS RANG SIKUMBANG

Redaksi
Senin, 30 Desember 2019



"The Power of Spirit Badunsanak"

Seniman Pinto Janir Rajo Marah  ciptakan lagu untuk sukunya, Sikumbang. Lewat lagu Pinto ingin meniupkan semangat kebersamaan dan menumbuhkan rasa berdunsanak di ruang kehidupan untuk saciok bak ayam sadanciang bak basi.

 “Spirit tagak kampuang mamaga kampuang tagak suku mamaga suku jangan hanya menjadi kata-kata di ujung lidah. Awak khawatir, semangat rasa berdunsanak sesuku menjadi lenyap”, kata Pinto yang lagunya berjudul Abih Untuang di Wamena yang ia karang bersama Gamawan Fauzi viral di medsos.

“ Jangan sampai terjadi, hilang semangat sesuku muncul semangat sesaku-saku. Silaturahmi berdunsanak bukan soal materi semata, lebih dari itu ia adalah soal hati dan darah. Merajut tali silaturrahmi adalah penting. Saya terinspirasi  pada buku Aqua Dwipayana berjudul The Power of Silaturahim. Harapan saya, lagu ini dapat membangkitkan spirit silaturahim. Mudah-mudahan lagu ini bisa menjadi tali penyambung untuk ‘mengetuk’ rasa berdunsanak rang Sikumbang. Bukankah kecelakaan hidup yang paling fatal adalah ketika kita memutuskan ikatan ‘janin’ ?” ulas Pinto yang juga dikenal sebagai sastrawan, wartawan dan penyair.

“ Jangan rasa berdunsanak hilang karena pitih. Kalau dunsanak tak mampu membantu dengan pitih namun nan tali silaturahmi jangan diputuskan. Rawat dan jaga ia....”, ulas Pinto seraya mengutip hadist ;“Orang yang menyambung silaturahmi itu, bukanlah yang menyambung hubungan yang sudah terjalin, akan tetapi orang yang menyambung silaturahmi ialah orang yang menjalin kembali hubungan kekerabatan yang sudah terputus”. [Muttafaqun ‘alaihi].

“The Power of Silaturahim-nya qua Dwipayana menginspirasi saya menggali The Power of Spirit Sasuku nan bukan the Power of Spirit Sesaku-saku. Mudah-mudahan Tuhan memberi kemampuan kepada saya untuk menyusunnya menjadi buku”, ujar Pinto yang selain candu menulis juga suka melukis.

Meniupkan spirit rasa dunsanak sesuku menurut Pinto adalah salah satu media penguatan untuk menjaga nilai-nilai adat dan lestari budaya Minangkabau.

Pinto mengungkapkan obsesinya yang sudah lama menginap di ruang pikirannya untuk suatu saat terselenggaranya acara  “ silaturahim Rang Sikumbang se-dunia”. Pikiran Pinto, pada ruang itu berkumpul seluruh anak kemanakan rang Sikumbang untuk melahirkan gagasan bernilai sosial dan produktif.

“ Saya bermimpi berdirinya sebuah Institut Sikumbang di mana di sana berhimpun segala kreativitas dan pikiran sehingga ia menjadi sebuah kekuatan besar untuk ikut membangun nagari dan bangsa”, ucap Pinto yang telah menciptakan hampir 200 buah lagu yang sebagian besar sudah berbentuk rekaman studio dan tersusun di beberapa album. Antara lain Album Langik Makin Kalam, album, album Rindu si Padang (dalam format kaset), album Elly Nurlaili, Album Spesial Promo Wisata Kota Pariaman,  Kota Payakumbuh, Jhoem Sikumbang, Album Spesial untuk Atlet  Sumbar menuju PON dll.

Bagaimana dengan lagu Mars Rang Sikumbang?

“ Lagu ini arransemennya disusun Dedi Kencana dan direkam di studio DATZ Record Padang. Lagu ini saya nyanyikan bersama dengan Winna salah seorang penyanyi Pop Minang. Saya akan bikinkan video klipnya yang menggambarkan seni dan budaya Minangkabau serta kebersamaan Rang Sikumbang dalam kehidupan sosial. Untuk klip ini saya akan diskusikan dulu dengan para kreator dan seniman Sikumbang serta diskusi dengan ninik mamak Sikumbang. Mudah-mudahan terwujud...!” kata Pinto yang telah menghubungi beberapa ninik mamaknya.

Inilah lirik Mars Sikumbang

MARS SIKUMBANG SAIYO SAKATO
Cipt Pinto Janir
Penyanyi Pinto dan Winna
Arransemen Dedi Kencana

Rang Sikumbang saiyo sakato
Tuan gadang harimau campo
Minangkabau ranah nan den cinto
Paga adaik lestari budayo

Tagak basuku mamaga suku
Tagak bakampuang mamaga kampuang
Rang Sikumbang saliang bahu mambahu
 badunsanak dukuang mandukuang

Alam takambang manjadi guru
Adaik basandi syarak syarak basandi kitabullah
Kamanakan dibimbiang anak dipangku
Maju basamo
Sikumbang basatu
Majukan nagari

sanang dunsanak samo kito raso
Sakik dunsanak padiah basamo
Lahia jo bathin kito badunsanak
Rang Sikumbang maju jo kompak

Rang Sikumbang Kito Badunsanak
Rang sikumbang saiyo sakato
Rang sikumbang bangunlah  nagari
Rang Sikumbang kito saiyo